Pages

MENU

Minggu, 20 Oktober 2013

PENGERTIAN GEOGRAFI MENURUT PARA AHLI




Dalam mendefenisikan suatu ilmu terkadang dalam perseorangan/kelompok itu memiliki ungkapan yang berbeda akan tetapi memiliki makna yang kurang lebih sama. Dibawah ini beberapa defenisi geografi menurut para ahli.
·       Geografi berasal dari bahasa yunani, yaitu geo(s) dan graphein. Geo(s) artinya bumi, graphein artinya menggambarkan, mendeskripsikan ataupun mencitrakan. Secara harfiah Geografi berarti ilmu yang menggambarkan tentang bumi
·       Menurut Bintarto, Geografi adalah ilmu yang mempelajari/ mengkaji bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, udara dan segala interaksinya.
·       Menurut Seminar dan Lokakarya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi 1988, Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.
·       Menurut Seminar dan Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (SEMILOKA IGI), Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dalam sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
·       Menurut Laudig, Geografi adalah Studi mengenai hubungan dan proses-proses ruang di atas permukaan bumi, mulai dari yang local sampai yang luas di permukaan bumi.
·       Menurut Lackey, Geografi melakukan pengamatan, pembicaraan, dan penafsiran berbagai gejala dari bentang alam lebih khususnya dari kesatuan alami dan budaya dalam aspek regional maupun antar regional.
·       Menurut Fielding, Geografi adalah studi dari berbagai lokasi dan pengaturan fenomena pada permukaan bumi, dan berbagai proses yang berkembang dari macam-macam penyebaran itu.
·       Menurut International Geography Union, Geografi adalah mempelajari hubungan antara manusia dalam masyarakat yang terorganisasi dalam lingkungan tempat hidupnya.


Referensi :
Jayadinata, J. T., 2003, Geografi wilayah dalam pembangunan, Jurusan Planologi. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Penebit ITB Bandung
Murtianto, Hendro, 2008, Modul Geografi, Jurusan Pendidikan. Fakultas Ilmu Sosial, Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia
Sumantri. Lili, dan Nurul Huda,             , Advanced Learning Geography X, Grafindo Media Pratama








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENU BAR