Pages

MENU

Rabu, 23 Oktober 2013

PENDEKATAN STUDI GEO POLITIK



PENDEKATAN STUDI GEOGRAFI POLITIK
Pendekatan geografi politik dalam mempelajari objek studinya menggunakan pendekatan historis, faktual, fungsional, dan relation.
a)    Pendekatan pertama adalah pendekatan historis yang mengkaji negara berdasarkan asal mula dan perkembangan suatu negara. Pendekatan bermanfaat untuk mempelajari negara sebagai individual case.
b)    Pendekatan kedua adalah pendekatan faktual yang oleh Valkenburg (Abdurachmat, 1982); digunakan untuk mempelajari kenyataan-kenyataan kehidupan politik suatu negara dengan berbagai unsur geografisnya seperti luas, bentuk wilayah, iklim, sumber daya dan penduduk.
c)     Pendekatan ketiga adalah pendekatan fungsional yang mempelajari tentang bagaimana suatu negara membina dirinya sendiri ke dalam. Pendekatan ini mempelajari kekuatan-kekuatan yang sifatnya nonpolitis seperti iklim, pegunungan, penyebaran penduduk yang tidak merata, pengaruh faktor fisik dan manusia terhadap aktivitas politik negara, bagaimana pengaruh aspek-aspek politik yang dilaksanakan terhadap aspek lain, bagaimana hubungan luar negeri dan bagaimana tingkat ketergantungan suatu negara terhadap negara lain.
d)    Pendekatan keempat adalah pendekatan relationship. Pendekatan ini menekankan pada hubungan faktor-faktor lingkungan (alam) aspek-aspek politik. Secara sederhana pendekatan ini digunakan untuk mengkaji kemakmuran suatu negara dilihat dan ketersediaan faktor sumber daya alam. Perhitungan kekayaan alam menjadi dasar pada kesadaran bangsa untuk mempertahan dan melangsungkan hidupnya.
Artikel terkait ; sejarah Geografi politik, Pengertian dan Ruang Lingkup Geografi politik, Objek kajian Geografi politik
jika Ingin Artikel seputar Ilmu Geografi dan ilmu-ilmu pendukung geografi, kunjungi saja Alamat ini http://ilhambirtaria.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENU BAR